Jumat, 13 September 2013

Pentingnya Mencuci Tangan

MENCUCI TANGAN...

Banyak orang yang sering mengabaikan maupun menyepelekan mencuci tangan terutama anak-anak. banyak juga orang tua yang lupa bahkan tidak memperhatikan apakah anaknya sudah cuci tangan atau belum. Tahukah anda apabila tidak mencuci tangan dapat menyebabkan timbulnya Banyak Penyakit ??
Maka dari itu, kita sebagai orang tua, ataupun orang-orang yang mencintai orang disekitar kita harus tau dan mengerti tentang mencuci tangan dan bagaimana cara mencuci tangan.
  • Mencuci tangan adalah salah satu cara atau tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air ataupun cairan lainnya oleh manusia dengan tujuan untuk menjadi bersih, sebagai bagian dari ritual keagamaan, ataupun tujuan-tujuan lainnya.
Banyak cara untuk mencuci tangan. dan salah satunya dengan sabun. Mencuci tangan dengan sabun adalah cara paling efektif untuk membersihkan kuman dan bakteri dari tangan kita.
  • Kenapa kita harus mencuci tangan ??
Jelas saja untuk menghindari dan memutus rantai penularan penyakit. karena apabila kita tidak mencuci tangan, sangat besar kemungkinan kita untuk tertular/terjangkit penyakit.
  • Apa manfaat kita mencuci tangan ??
Sangat banyak manfaat yang kita dapatkan dari mencuci tangan untuk kesehatan kita. salah satunya adalah terhindar dari berbagai penyakit. yang mungkin saja bisa mengancam nyawa kita.
  • Kapankah kita harus menyuci tangan ??
  1. Sebelum dan Sesudah makan.
  2. Sesudah BAB & BAK.
  3. Setelah memegang hewan peliharaan. 
  4. Sebelum tidur dll. 
  • Bakteri atau kuman apa yang sering ada pada Telapaktangan kita ??
Banyak. salah satunya yang paling sering terdapat pada telapak tangan adalah bakteri E. Coli . bakteri E.
  • Penyakit apa saja yang bisa timbul akibat tidak mencuci tangan ??
Sangat banyak penyakit yang dapat ditimbulkan akibat dari tidaknya kita mencuci tangan. yaitu seperti penyakit berikut ini :
  1. DIARE 
  Diare (atau dalam bahasa kasar disebut menceret) (BM = diarea; Inggris = diarrhea) adalah sebuah penyakit di mana tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam . Di negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya. Biasanya penyakit diare disebabkan oleh bakteri E. coli.
    2. CACINGAN
Cacingan dalam istilah sehari-hari, adalah kumpulan gejala gangguan kesehatan akibat adanya cacing parasit didalam tubuh.
Penyebab cacingan yang populer adalah cacing pita, cacing kremi, dan cacing tambang. Biasanya cacing bisa dengan mudah menular.
   3. DEMAN BIASA / FLU
Beberapa orang dengan flu, terutama orang yang lebih tua dan orang dengan masalah medis yang kronis, dapat berkembang menjadi pneumonia (radang paru-paru). Kombinasi flu dan pneumonia, bahkan merupakan penyebab kematian ketujuh diantara warga Amerika. Kebersihan tangan yang kurang juga menyebabkan penyakit terkait makanan seperti infeksi Salmonella dan E.coli. 
  4. INFEKSI MATA
Banyak orang menyepelekan infeksi mata. padahal, infeksi mata apabila terlalu sering terjadi, tidak menutup kemungkinan mata anda akan mengalami kebutaan.
Kita sebagai orang-orang yang mencintai orang terdekat kita harus mengkiatkan, mengajak dan mengingatkan untuk mencuci tangan.  
 Maka dari itu, untuk memutus rantai penularan berbagai penyakit. Kita dapat mencuci tangan dengan menggunakan berbagai langkah sebagai berikut :
  •  sebelum melakukan langkah-langkah dibawah. basahi terlebih dahulu tangan anda dengan air mengalir. Lalugunakan sabun.
7 LANGKAH MENCUCI TANGAN :
1. Kedua telapak tangan saling digosok.
















2. Letakan telapak tangan kanan diatas tangan kiri lalu gosokkan sela-sela jari tersebut dan sebaliknya.















3. Posisi telapak tangan kanan dan kiri saling menempel, jari-jari saling terkait.















4.Letakan punggung jari kanan pada telapak tangan kiri, posisi saling mengunci dan sebaliknya.















 5. Gosok memutar ibu jari kanan dengan telapak kiri dan sebaliknya.
 6. jari-jari tangan kanan menguncup, gosok memutar diatas telapak tangan kiri dan sebaliknya.
7. Gosok memutar pergelangan tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya.















Setelah melakukan prosedur diatas. Bilas tangan anda menggunakan air bersih mengalir dan tutup keran menggunakan salah satu siku anda.

Sekian informasi yang dapat saya sajikan. Semoga dapat dimengerti dan dipergunakan sebagaimana mestinya :)

7 komentar:

  1. Balasan
    1. hallooo, maaf kak kayaknya basi bgt karena baru dibalas sekarang. gasengaja baru inget pass gmail soalnya hehe. itu tugas sekolah aku kak pas jaman smk keperawatan. itu bersumber dari buku pelajaran yg aku dapat di sekolah ditambah praktek2 yg aku dapat disekolah. thankyou :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. jiplak omongan guru dan ambl gambar di internet yg bersumber dari dinas kesehatan th 2015 kak hehe. maaf br balas.thankyou sudah mengunjungi blog ku <3

      Hapus